Home > Index > Memanfaatkan Online Maps Untuk Bisnis Anda

Memanfaatkan Online Maps Untuk Bisnis Anda

27 February, 2010 Leave a comment Go to comments

Belakangan ini saya sedang disibukkan oleh kegiatan mencari informasi mengenai sekolah untuk putra saya. Dengan bantuan mbah Google, beberapa website sekolah dasar yang sesuai dengan keinginan dapat saya temukan.

Dalam hal mencari informasi khususnya tentang sekolahan, site visit atau datang langsung ke lokasi adalah suatu keharusan untuk lebih memantapkan pilihan terhadap sekolahan yang dimaksud. Karna saya belum pernah berkunjung sebelumnya, otomatis saya tidak mengetahui letak persis dari sekolahan tersebut.

Lagi-lagi, dengan bantuan mbah Google Maps, saya berusaha melakukan search alamat sesuai dengan alamat yang tertera di website sekolah yang saya baca sebelumnya. Dan hasilnya?….. Sim salabim..! “No Search Result Found” begitu kata mbah Google merespon pencarian saya…

Awalnya saya berfikir, saya yang salah dalam memasukan keyword, sehingga saya coba utak-atik keyword alamat yang saya gunakan namun tetap saja tidak membuahkan hasil.

Dari kejadian tersebut, saya menyadari betapa pentingnya penunjuk peta di dalam sebuah website bisnis. Terutama bagi bisnis-bisnis yang menuntut kehadiran konsumen-konsumennya ke lokasi.

Mungkin beberapa orang akan berfikir, “kan sudah ada nomer telpon, tinggal telpon dan tanya alamatnya… beres!”

Ya betul, itu ada benarnya juga, tapi berapa orang di antara kita yang pernah mengalami hal seperti di bawah ini:

  • Karna saat itu hari libur, jadi telpon tidak ada yang mengangkat
  • Kehabisan pulsa dan hanya bisa mengandalkan fasilitas internet untuk berkomunikasi.
  • Nyasar! karna kekurang cerdasan si pemberi informasi mengenai jalan-jalan yang harus dilalui.
  • Nomer telpon yang selalu sibuk saat akan coba dihubungi
  • dan lain sebagainya….

Saya rasa banyak diantara kita termasuk saya pribadi cukup sering mengalami hal-hal tersebut di atas. Dan saat hal seperti itu terjadi, yang ada adalah sebuah keputusan untuk membatalkan rencana mengunjungi lokasi tersebut. Kalau anda peduli dengan bisnis anda, anda pasti faham betapa ruginya anda saat konsumen yang akan memberikan profit untuk anda, membatalkan datang ke kantor anda hanya karena anda tidak menyediakan informasi yang cukup untuk membantu mereka menemukan lokasi anda.. Pitty right?

Padahal, untuk dapat memberikan bantuan berupa peta lokasi di dalam website bisnis anda bukanlah sesuatu yang sulit kok. Sudah ada google maps, yang merupakan pioner dalam hal Online Maps di dunia. Anda bisa menandakan lokasi anda di peta dan share link lokasi anda tersebut via website, email, facebook, chatting, bbm dan sebagainya. Dalam sekejab, banyak orang akan mengetahui secara persis lokasi anda via internet dan dengan fasilitas Get Direction dari Google Maps, mereka akan dengan mudah mendapatkan panduan akurat untuk menuju ke lokasi yang telah anda tandai tersebut.

Caranya gimana dong? Pasti itu yang ada dalam benak anda sekarang kan? hayoo ngaku!

Saya sebenernya tidak punya guide yang resmi mengenai bagaimana cara yang baik dan benar untuk memanfaatkan penanda tempat di Google Maps. Saya utak-atik sendiri,dan ternyata berhasil. Step-stepnya kira-kira begini:

  • Pastikan anda punya account Gmail. Kalau belum, ya mesti dibuat. Kan kita mau menggunakan fasilitas Google..
  • Setelah memiliki account Gmail, browsing ke http://maps.google.com
  • Cari secara manual lokasi yang anda ingin tandai
  • Setelah lokasi nya ketemu, dibagian kanan peta, klik “My Maps”
  • Lalu pilih “Create New Map” dan akan muncul isian berupa Nama Judul/Tittle dan Description. Isi judul dengan nama lokasi, contoh: “Peta Menuju PT. ABC”. Dan isi Description dengan detail lokasi seperti alamat nomer telp dsb.
  • Pastikan pilihan “Privacy and Sharing settings’ berada di posisi public agar siapapun dapat melihat nya
  • Kini tinggal menentukan lokasi yang dimaksud. Di dalam peta, bagian kanan atas anda akan melihat lambang berwarna biru “Add a Placemark”. Klik lambang tersebut dan pilih titik tepat dari lokasi yang dituju.
  • Isi data seperti data yang sebelumnya ada buat di kolom bagian kiri.
  • Setelah itu klik “Done” yang berada di kolom bagian kiri
  • Terakhir, di bagian kanan atas peta, ada lambang “Link”. Klik lambang tersebut dan Copy alamat yang tercantum.
  • Gunakan alamat tersebut untuk mengakses data yang telah anda tandai dan share dengan siapapun yang membutuhkannya. Anda bisa tempatkan di website, facebook dsb
  • Apabila pada saat anda mengklik “Link” dan memilih mengcopy embbed file dan menyalinnya di website anda, maka tampilannya akan tampak seperti contoh di bawah ini:

Untuk saat ini, saya cukupkan sharing yang berhubungan dengan Google Maps. Sebenarnya masih ada lagi sarana yang bisa digunakan yaitu melalui Blackberry Maps. Mengapa? karna dengan maraknya penggunaan Blackberry, data yang anda kirimkan akan dapat langsung terbaca di semua handset Blackberry melalui software Maps yang telah terinstall di dalamnya.

Tapi nanti saja ya di lanjutnya.. Bye for now dan semoga bermanfaat untuk anda. Saya terbuka untuk masukan ide selain dari cara saya di atas yang lebih singkat dan mudah/

Regards, Tommy Yoewono

Categories: Index Tags: , , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

