Home > Index > 6 Tipe Boss

6 Tipe Boss

16 February, 2010 Leave a comment Go to comments

Disadur dari Metro TV
Lifestyle / Senin, 15 Februari 2010 09:58 WIB

Ada berapa macam bos sih yang Anda kenal saat ini? Bos yang galak, bos yang baik hati, bos yang genit atau bos yang bossy. Hmmm… ya boleh juga jika Anda mengategorikannya menjadi begitu, tetapi sebenarnya mengenali atasan itu mudah saja. Secara umum tipe bos itu hanya ada enam. Tipe tersebut dibedakan berdasarkan sifat dan karakteristiknya.

Jika saja kita tahu sifatnya dan tahu bagaimana cara menghadapi bos, wah dijamin karir Anda akan melesat dan tak pernah jauh-jauh dari sukses. So, let’s go, kenali sifat bos Anda dulu!

Tipe 1: Sahabat semua orang

Bos yang satu ini bos yang paling favorit, sahabat semua orang, mulai dari karyawan yang paling rendah tingkatannya sampai yang kelas ataspun ia populer. Mereka cenderung menghindari masalah, dan lebih bersikap santai. Di satu sisi sih memang asyik ya, tetapi di sisi lain ia bukan tipe yang maju. Ia cenderung hanya mencari posisi aman saja dan tak berani mengambil resiko.

Tipe 2: Pencari muka

Nah yang ini nih bos yang mungkin menjengkelkan dan membuat Anda sebal, si pencari muka! Di setiap kesempatan ia akan berusaha menyelamatkan karir dan namanya demi sebuah promosi atau jabatan. Bahkan tak segan ia akan memanfaatkan rekannya demi posisi yang lebih tinggi. Ia akan berusaha menjilat dan berkata-kata manis setiap bertemu atasan yang posisinya jauh di atas dia. Dan mereka adalah tipe yang tidak bisa dipercaya karena tak jarang menusuk dari belakang.

Tipe 3: Perfeksionis dan optimis

Bos yang ini memang sering menjadi teladan, mereka adalah orang-orang yang selalu berusaha datang lebih pagi dan pulang di malam hari demi mencapai pekerjaan yang sempurna. Mereka juga sangat tahu memanfaatkan waktu dan skill seseorang. Mereka sangat terbuka pada ide-ide baru dan berusaha mengembangkan departemennya. Suka tantangan dan berani ditantang. Mereka tak akan menyerah sebelum targetnya tercapai.

Tipe 4: Penghalang

Mereka adalah bos yang tidak terlalu suka perubahan, mereka ingin struktur di bawahnya tetap begitu-begitu saja. Mereka cenderung tak suka dengan seseorang yang penuh ide dan cemerlang. Ambisi dan motivasi bagi mereka adalah sesuatu yang menakutkan, dan terkadang dengan kejamnya mereka akan menyingkirkan orang-orang yang berusaha maju.

Tipe 5: B+

Nilai B+ dianggap cukup baik bagi seorang atasan. Ya, begitu pula karakter mereka, mereka adalah orang-orang yang berusaha untuk mencapai goal-goal tertentu dan terus memotivasi teamnya untuk maju. Tujuan mereka adalah demi tujuan bersama. Mereka sangat bijak dan tulus saat membagikan penga

laman mereka, kebanyakan pada akhirnya mereka dijadikan mentor untuk membimbing para newbie.

Tipe 6: Si kepala labu
Disebut kepala labu karena mereka adalah atasan yang tidak terlalu cerdas, cenderung tidak menguasai bidang yang sedang ditangani dan seringkali hanya bisa memerintahkan bawahan untuk mengerjakan semua tugasnya. Pada umumnya sih mereka ini masih ada hubungan keluarga dengan sang pemegang saham, a

tau anak pemilik p

erusahaan. Dan mereka bukan tipe yang bisa diharapkan membawa kemajuan bagi perusahaan.

Tak kenal maka tak sayang, namun sekarang Anda sudah mengenal berbagai karakter para atasan Anda bukan? Lalu bagaimana Anda mengatasi dan menghadapi mereka? Nantikan tips dan triknya dalam arti

kel selanjutnya. (Kpl/ICH)

Categories: Index
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: