Home > Index > Pesta Pernikahan Ramah Lingkungan

Pesta Pernikahan Ramah Lingkungan

13 December, 2008 Leave a comment Go to comments

Seringkali kita tidak sadar bahwa pesta pernikahan yang kita selenggarakan meninggalkan banyak sekali efek terhadap kerusakan lingkungan. Penggunaan material Styrofoam dalam dekorasi, pemanfaatan ac di luar ruang, sisa makanan yang terlalu banyak, semunya menjadi akar masalah lingkungan yang disebabkan gaya hidup. Mengadakan pesta pernikahan yang ramah lingkungan tetap akan menjadi satu gaya hidup yang up to date dan memiliki kekuatan yang tidak mudah dilupakan tamu undangannya.

Berikut ini beberapa ide dalam menyelenggarakan pesta pernikahan yang Ramah Lingkungan

  1. Pastikan set menu yang anda sajikan disukai oleh semua kalangan. Zupa Soup Kambing Guling, Morroco Barbeque, sering dalam sekejap lenyap dari tempat sajiannya. Oleh karena itu pemilihan menu menentukan bahwa semua makanan tidak tersisa sehingga bukan menjadi sampah lingkungan. Saran yang bagus juga jika Anda mau memanfaatkan bahan makanan organik seperti sayur, daging dan susu. Pemanfaatan bahan organic berarti ikut melestarikan lingkungan dari bahaya pestisida.
  2. Kertas daur ulang bisa dikreasikan kedalam undangan yang unik. Akan banyak dampak penggunaan kertas dalam membuat undangan, diantaranya adalah penggundulan hutan Indonesia dan bahaya banjir. Untuk itu jangan segan menggunakan kertas daur ulang yang akan lebih alami dan unik. Saran yang baik juga adalah manfaatkan sarana internet dalam mengundang tamu. E-invitation saat ini sudah lazim digunakan untuk mengundang tamu ke pesta pernikahan.
  3. selenggarakan pesta kebun pada malam hari. Hindari pemanfaatan AC portable sehingga dampak lubang ozon semakin minimal. Pilih lokasi yang sejuk atau buatlah design lay out yang sirkulasi udaranya bagus sehingga tamu undangan tetap bisa menikmati pesta dengan nyaman. Gunakan bunga-bunga asli secukupnya dan lebih banyak mengeksplorasi tanaman-tanaman yang pot yang tidak tercabut akarnya. Konsultasikan dengan dekorator yang bisa berkreasi dengan ide Anda.
  4. Berikan pohon palem mini sebagai souvenir pernikahan. Bisa juga anda memberikan tanaman bonsai lainnya. Paling tidak souvenir Anda mencerminkan kesadaran akan penyelematan lingkungan. Banyak juga tanaman hidroponik yang bisa menjadi souvenir pernikahan.
  5. terlibat dalam donasi penyelematan lingkungan. Kado yang anda terima bisa Anda sisihkan sebagian kedalam program penyelamatan lingkungan. Pesta Anda akan lebih melekat dihati para tamu undangan. Karena mereka secara tidak langsung dilibatkan kedalam program penyelematan lingkungan. Dan jangan kaget jika dengan penuh kejutan ada tamu undangan yang memberikan kado Luar Biasa buat Anda dan kepedulian Anda. jangan lupa! cantumkan program tersebut dalam undangan.

Itu baru secuil ide saya dalam menyelenggarakan pesta pernikahan yang ramah lingkungan. Silahkan hubungi Manten party untuk ide-ide lainnya.

ditulis oleh Arief Rachman untuk Manten Party

Categories: Index
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: